Air Terjun Lembah Anai Meluap, Jalan Padang-Bukittinggi Macet Total

Penulis : Editor :
Nasional189 views
Air Terjun Lembah Anai Meluap, Jalan Padang-Bukittinggi Macet Total/Tangkapan Layar/Dok. padek.com/

 

MEDIACREATIVEID.COM – Air terjun Lembah Anai yang berada di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat meluap pada hari Senin, 13 Juni 2022 malam.

Hal tersebut mengakibatkan jalan yang menghubungan Kota Padang dan Bukittinggi sempat dikabarkan macet total, karena jalur Lembah Anai merupakan jalan lintas yang menghubungkan kedua kota penting di Sumatera Barat tersebut.

Ratusan kendaraan yang melintasi kedua kota itu yang melewati jalur Lembah Anai dikabarkan tidak bisa bergerak sama sekali.

Kasat Lantas Polres Padang Panjang, Iptu lazuardi mengatakan pada media bahwa peristiwa meluapnya air terjun Lembah Anai memang membuat kemacetan total.

Dirangkum Mediacreativeid.com dari beberapa sumber dikatakan, bahwa meluapnya air terjun Lembah Anai juga pernah terjadi pada 10 Desember 2019 yang mengakibatkan kemacetan total lalu lintas Padang-Bukitinggi.

Gelang Indentitas Haji Wajib Pakai dan Jangan Tertukar!

“Peristiwa tadi malam (Rabu, 13 Juni 2022) sempat terjadi macet lantaran air menggenangi jalanan dan tidak bisa dilalui kendaraan yang melintas,” ujar Kasat Lantas pada media.

Lamanya kemacetan yang terjadi di Lembah Anai sekitar satu jam lebih, sembari menunggu luapan air terjun yang menjadi ikon Sumatera Barat tersebut surut kembali.

Luapan air terjun Lembah Anai itu terjadi lantaran hujan lebat mengguyur wilayah Gunung Singgalang yang terdapat di Kabupaten Tanah Datar pada hari Senin, 13 Juni 2022.

Kendaraan yang melintasi jalur Lembah Anai terjebak oleh besarnya air yang juga turun sebagian dari aliran Sungai Batang Anai yang berhulu di Gunung Singgalang.

Kasat Lantas Padang Panjang, juga mengimbau kepada pengguna jalan lainnya yang akan melintasi jalur Lembah Anai, untuk mencari alternatif jalan lainnya seperti jalur Malalak.

“Cuma kita harapkan masyarakat yang hendak ke kota Bukitinggi untuk melewati jalur Malalak,” imbuh Kasat Lantas Padang Panjang.

Anies Baswedan Minta Maaf Pada Pesimistis Formula E

Fakta mengenai Lembah Anai yang diapit oleh tiga wilayah, yakni Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Padang Panjang.

Posisi Lembah Anai ini  lebih dekat ke Kota Padang Panjang, namun secara administrasi masuk dalam wilayah Kabupaten Tanah Datar.

Berita meluapnya air terjun Lembah Anai menjadi viral di aplikasi Tiktok dan media sosial lainnya yang diunggah oleh netizen.

Waktu meluapnya air terjun Lembah Anai menurut video yang ramai beredar di media sosial, diperkirakan sekitar pukul 16:30 WIB.

Lembah Anai yang memiliki tinggi 35 meter itu selain menjadi salah satu ikon wisata di Sumatera Barat, berada di tepi jalan raya Padang-Bukittinggi memiliki rata-rata laju aliran 700 m3/s.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *