Ulang Tahun Jakarta ke-495 Tahun, Betawi Tak Henti Berbenah!

Penulis : Editor :
Nasional155 views
Gubernur Anies Baswedan tiba di lapangan Monas untuk mengikuti upacara HUT ke-495 Kota Jakarta/Tangkapan Layar/Dok. beritajakarta/

 

MEDIACREATIVEID.COM – Ulang Tahun Kota Jakarta ke-495 diperingati pada Rabu 22 Juni 2022 yang dihadiri Gubernur Anies Baswedan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bertindak sebagai Inspektur Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 di Monumen Nasional (Monas) hari ini.

Dalam upacara HUT ke-495 tahun Jakarta tersebut, Gubernur Anies berbusana adat Betawi, yaitu jas berwarna hitam dan celana warna hitam dengan kain batik terikat di pinggang.

Dalam kesempatan tersebut, Anies bersyukur upacara HUT ke-495 Jakarta pertama kali digelar di lapangan upacara di sisi selatan Monas.

Anies menyebut saat upacara HUT ke-495, Kota Jakarta tak henti berbenah di usia yang hampir 500 tahun.

Dirangkum Mediacreativeid.com dari beberapa sumber, Gubernur Anies Baswedan mengungkapkan rasa syukurnya dalam pidato di peringatan HUT Jakarta ke-495 tahun.

Baca juga: Jakarta Hajatan! Tema Ulang Tahun ke-495 Tahun

“Kita mulai bersyukur, di pagi yang cerah dan teduh kita diberi nikmat kesehatan, bersama-sama di Medan Merdeka, mengikuti upacara peringatan HUT ke -495 Jakarta.”

“Perjuangan kota kita hampir mencapai 500 tahun, kota ini tidak pernah berhenti untuk berbenah. Terus menerus melakukan pembaruan, termasuk tahun ini kali pertama kita selenggarakan upacara di lapangan sisi selatan Medan Merdeka,” kata Anies dalam pidatonya.

Dalam amanatnya, Gubernur Anies berbicara tentang perjalanan panjang Jakarta.

Sejarah bangsa Indonesia bersaksi bahwa Jakarta juga ikut memberikan dampak.

Perjalanan panjang ibu kota, begitu banyak sejarah, begitu besar dampaknya perjalanan bangsa,” ujar Anies.

Anies juga menyinggung bahwa dengan revitalisasi kawasan Monas yang sudah berlangsung sekitar dua tahun belakangan ini Jakarta akhirnya memiliki lapangan khusus upacara di Plaza Selatan, Monas.

Baca juga: Tokoh Betawi Jadi Nama Jalan di Jakarta, Berikut Perubahannya

Menurut Anies, kawasan Monas yang direvitalisasi pada akhir 2019 seharusnya sudah dibuka pada 2020.

Namun, karena kondisi pandemi Covid-19 akhirnya Monas belum bisa digunakan dan ditutup untuk umum.

Gubernur Anies mengatakan bahwa akhirnya lapangan Monas bisa digunakan perdana saat peringatan HUT ke-495 Jakarta hari ini.

Lapangan yang telah digunakan untuk upacara peringatan HUT ke-495 Jakarta, mencerminkan rencana awal pembangunan kawasan Monas, sisi selatan digunakan khusus untuk upacara.

“ Alhamdulillah rencana itu kita tunaikan, setelah sebelumnya tidak punya lapangan khusus,” papar Anies.

Gubernur Anies juga menyinggung terkait istilah HUT yang diganti dengan Jakarta Hajatan.

Baca juga: Presiden Jokowi Ulang Tahun, Megawati Soekarnoputri Beri Kejutan

Istilah tersebut menurutnya memiliki makna selebrasi atas semua capaian, kerja keras dari seluruh untuk masyarakat.

“Karena itulah kita bukan sekadar HUT, tapi juga Jakarta Hajatan,” tambah Anies dalam pidatonya.

Setelah upacara, Jakarta Hajatan akan dilanjutkan dengan Sidang Paripurna peringatan HUT Ke-495 DKI Jakarta di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI.

Kemudian, rapat kerja Gubernur Anies dengan para pimpinan wilayah penyangga Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Puncak dan Cianjur (Jabodetabekpunjur).

Acara Jakarta Hajatan hari ini ditutup dengan malam resepsi HUT ke-495 yang digelar di Balairung Balai Kota Provinsi DKI Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *