Rima Melati Alami Ulkus Dekubitus dan Gagal Jantung, Penyakit Apakah Itu?

Penulis : Editor :
Entertainment188 views
Rima Melati /Tangkapan layar/Twitter @TarotDarma-Disway.id/

 

MEDIACREATIVEID.COM – Aktris legendaris Rima Melati pada Kamis, 23 Juni 2022 pukul  15.14 WIB dinyatakan meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto,

Rima Melati meninggal di usia 84 tahun, Suaminya Frans Tumbuan lebih dahulu  meninggal pada tahun 2015 di usia 75  tahun.

Marjolien Tambajong nama asli Rima Melati yang lahir 22 Agustus 1939 merupakan keturunan Belanda dan Minahasa, ia memulai debut karirnya sebagai artis di tahun 1960.

Rima Melati semasa hidupnya dikenal sebagai aktivis Anti Rokok dan  Survivor Kanker, karena beliau sembuh dari penyakit mematikan yaitu kanker usus dan payudara.

Peraih Piala Citra Festival Film Indonesia sebagai aktris terbaik bersama Benyamin Sueb untuk perannya di Film Intan berduri itu sebelum meninggal mengalami beberapa gangguan kesehatan.

Baca juga: Rima Melati Tutup Usia, Menyusul Sang Suami

Dirangkum Mediacreativeid.com dari berbagai sumber bahwa sebelum meninggal Rima Melati menderita gangguan Ulkus Decubitus, gangguan ginjal sehingga harus cuci darah dan gagal jantung.

Ulkus Dekubitus adalah gangguan pada kulit berupa luka karena posisi tubuh tidak berganti dalam waktu lama.

Penyakit ini beresiko pada orang dengan kondisi memiliki gerak terbatas, hanya berbaring atau  duduk  di kursi roda.

Bagian tubuh yang terus-menerus mengalami tekanan seperti sikut, tumit, panggul dan tulang ekor akan mengalami luka.

Tekanan dan gesekan pada kulit mengakibatkan aliran  darah terhambat  dan merusak permukaan kulit.

Baca juga: Kang Daniel dan SpongeBob SquarePants Akan Adakan Kolaborasi Global

Selain itu Ulkus Decubitus bisa disebabkan oleh penurunan kemampuan indera perasa, kekurangan asupan cairan dan nutrisi serta gangguan aliran darah.

Sedangkan gagal jantung merupakan  kondisi saat  jantung tidak mampu memompa darah dan oksigen secara efektif ke seluruh organ tubuh, mengakibatkan, banyak fungsi organ tubuh yang terganggu.

Gangguan ini bisa juga terjadi karena adanya penyakit kronis yang berakibat jantung kaku, lemah, dan bekerja terlalu kerasa dalam jangka lama.

Beberapa penyakit yang dapat memicu terjadinya gagal ginjal antara lain, jantung coroner, hypertensi, katup rusak, diabetes, aritmia, dan kardiomiopati.

Gagal jantung yang menyebabkan Rima Melati meninggal dunia merupakan akumulasi dari beberapa penyakit yang diidap beliau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *