Jadwal Puasa Bulan Dzulhijjah Tahun 2022

Penulis : Editor :
Nasional139 views
Jadwaldan jenis puasa di bulan Djulhijjah/Tangkapan Layar/Pixabay/beingboring/

 

MEDIACREATIVEID.COM – Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan Hijriah yang di dalamnya terdapat hari raya umat Islam, yaitu Idul Adha.

Bulan Dzulhijjah sebagai salah satu bulan yang memiliki keistimewaan, diantaranya pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah.

Merujuk pada metode Hisab atau kalender Islam yang sudah beredar,bahwa tanggal 1 bulan Dzulhijjah 1443 H jatuh pada hari Kamis 30 Juni 2022.

Ibnu Umar Radhiyallaahu ‘Anhuma, dari Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wasallam bersabda mengenai bulan Dzulhijjah.

“Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah).” (HR. Ahmad, dishahihkan Syaikh Ahmad Syakir)

Pada bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan untuk menjalankan puasa sunnah, adapun tiga puasa sunnah yang terdapat di bulan Dzulhijah semuanya dilakukan di 10 hari pertama.

Baca juga: Nama Muhammad Dan Maryam Diundang Ikut Salat Subuh, Viral Banget Posternya!

Berikut ini pusa yang dilakukan pada bulan Dzulhijah yaitu:

1). Puasa Dzulhijjah

Puasa Dzulhijjah dilakukan sejak pada tanggal 1 Dzulhijjah hingga tanggal 7 Dzulhijjah, puasa ini salah satu amalan mulia yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW semasa hidupnya.

Dalam sebuah riwayat yang berasal dari Hafshah ra. dia mengatakan:

“Empat hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW yaitu: puasa Asyura (10 Muharram), puasa 10 hari bulan Dzulhijjah, puasa 3 hari setiap bulan, dan sholat 2 rakaat sebelum sholat fajar (subuh).” (HR. Ahmad dan An-Nasa’i).

Pada tahun ini, puasa Dzulhijjah jatuh pada tanggal 30 Juni- 6 Juli 2022.

2). Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah dilakukan berkelanjutan dengan puasa Dzulhijjah, yaitu pada tanggal 8 Dzulhijjah.

Keutamaan puasa Tarwiyah adalah dapat menghapuskan dosa selama satu tahun. Sebuah hadist mengatakan:

“Puasa pada hari tarwiyah (8 Dzulhijjah) merupakan penghapus dosa selama setahun dan puasa hari Arafah (9 Dzulhijjah) merupakan penghapus dosa selama dua tahun.”

Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Asy Syaikh dan Ibnu An Najjar dari Abdullah Ibnu Abbas secara marfu’.

Pada tahun ini, puasa Tarwiyah jatuh pada hari Kamis, 7 Juli 2021.

Baca juga: Marshanda hilang di Los Angeles, kondisi Episode Manic

3). Puasa Arafah

Terakhir adalah puasa Arafah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah, bertepatan dengan ibadah wukuf di Arafah yang dilakukan para jama’ah haji.

Keutamaan dari puasa Arafah adalah dihapuskannya dosa selama dua tahun, yaitu setahun ke belakang dan setahun ke depan.

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

Pada tahun ini, puasa Arafah jatuh pada hari Jumat, 8 Juli 2021.

Selain menjalankan puasa sebelum Idul Adha, kita juga bisa melakukan amalan shaleh lainnya seperti berdzikir, sholawat, hingga sedekah.

Meskipun demikian, umat Islam harus tetap menunggu sidang isbat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian  Agama (Kemenag) pada hari Rabu 29 Juni 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *