Tito Karnavian Ditunjuk Presiden menjadi Menteri PANRB Ad Interim

Penulis : Editor :
Nasional158 views

MEDIACREATIVEID.COM – Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo menunjuk Muhammad Tito Karnavian selaku Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ad Interim.

Penunjukan Tito Karnavian sebagai MenPANRB  ad Interim dikarenakan Tjahjo Kumolo, Menteri PANRB sebelumnya telah meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022.

Berdasarkan surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor. B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 dan ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Tito Karnavian resmi menjabat MenPANRB ad interim.

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Tito Karnavian menjabat sebagai MenPANRB ad interim dimulai tanggal 4 hingga 15 Juli 2022.

Baca juga: Ustaz Hilmi Firdausi Panen Hujatan, Begini Klarifikasinya Tentang ACT

Dirangkum mediacreativeid.com dari berbagai sumber pada Selasa 5 Juli 2022, sebelumnya Presiden Jokowi menunjuk Mahfud M.D. selaku Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sebagai MenPANRB ad Interim selama Tjahjo Kumolo sakit.

Ad Interim sendiri merupakan bahasa latin yang artinya sementara dan biasanya diterapkan jika ada menteri yang berhalangan bertugas seperti sakit atau halangan lainnya.

Dijelaskan oleh Faldo Maldini, Staf Khusus Mensesneg bahwa ad interim bukan Pelaksana tugas (Plt) dan tujuan dari ad interim menjaga fungsi pemerintahan tetap berjalan dengan periode sangat terbatas.

Selama pemerintahannya, Presiden Jokowi beberapa kali menunjuk Menteri Ad Interim, salah satunya Menteri Pertanian (Menpan) Syahrul pernah menjadi ad interim Menteri Kelautan dan Perikanan selama seminggu, juga pernah menjadi Menteri Perindustrian ad interim selama tiga hari.

Baca juga: Bob Tutupoly ‘WIDURI’ Tutup Usia

Menurut penuturan Faldo, hingga saat ini Presiden Jokowi belum menunjuk MenPANRB definitif, mengingat masih dalam suasana berduka dan yang terpenting fungsi pemerintahan tetap berjalan dengan baik.

Untuk surat penunjukan Tito Karnavian sebagai MenPANRB ad interim bisa dilihat di laman resmi KemenPANRB https://menpan.go.id/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *