Vietnam dan Thailand Lolos, Timnas Garuda Terjegal Head To Head

Penulis : Editor :
Olahraga77 views
Kemenangan timnas garuda ke semifinal Piala AFF U-19 terganjal head to head/Tangkapan Layar/Instagram @aseanfootball/

MEDIACREATIVEID.COM – Vietnam dan Thailand dinyatakan lolos ke babak semifinal Piala ASEAN Football Federation (AFF) 2022 U-19, setelah bermain imbang 1-1.

Padahal, di saat yang bersamaan Timnas Garuda U-19 memenangkan permainan atas Myanmar 5-1.

Seperti usaha yang sia-sia bagi Timnas, berjuang habis-habisan memenangkan laga terakhir dengan selisih gol yang cukup banyak, tapi tetap gagal maju ke semifinal.

Meskipun demikian, kondisi ini sebenarnya sudah sempat terprediksi satu hari sebelumnya, ketika aturan main ditetapkan dengan cara mengikuti AFC, yaitu head to head.

Beberapa pengamat sepak bola sudah membaca kemungkinan hasil bagi Timnas terkait lolos ke semifinal Piala AFF U-19.

Baca juga: Fajar/Rian Juarai Malaysia Masters 2022 Setelah Kalahkan The Daddies

Bahwa, meskipun pada babak akhir putaran Timnas menang berapapun melawan Myanmar, jika hasil pertandingan Vietnam dan Thailand seri, maka Indonesia belum tentu lolos ke semifinal.

Apalagi hasil permainan Vietnam dan Thailand menghasilkan gol, maka Indonesia tertutup jalannya karena dengan penghitungan head to head di antara 3 tim kecil bersama Vietnam dan Thailand, Timnas bermain imbang tanpa gol.

Pada sistem head to head berbeda dengan sistem penilaian selisih gol, karena hanya dihitung berdasarkan tim yang nilainya sama, bukan selisih gol keseluruhan.

Bahkan, kondisi ini juga dianggap berpeluang terhadap terjadinya match fixing (permainan yang disengaja untuk hasil tertentu), sama persis seperti yang dituduhkan oleh netizen Indonesia setelah hasil pengumpulan nilai diumumkan semalam.

Dilansir Mediacreativeid.com dari akun Instagram  @asean.football, postingan terakhirnya banyak dibanjiri komentar luapan kekecewaan dari netizen Indonesia.

Baca juga: Chico Pegang Tiket ke Final, Daebak!

“Match fixing cuy,” tulis akun @popupooo.

“RIP fair play,” ditulis oleh akun @tegarputra26.

Yang lainnya juga menilai bahwa Vietnam dan Thailand seperti bermain sepak bola gajah, alias ada yang mengendalikan.

“Jelas sih itu, Vietnam-Thailand enggak niat main pas skor 1-1, main muter-muter doang di belakang, si Thailand enggak ngepress sama sekali,” tulis akun @rwinn_baa.

Tapi, beberapa netizen juga sudah cukup puas dengan hasil Timnas U-19, dan tetap bangga karena mereka telah bermain maksimal dan sportif.

Mereka juga diharapkan untuk lebih fokus pada persiapan pertandingan selanjutnya, yaitu Piala Dunia.

Semoga Timnas Garuda tidak tercekal aturan head to head lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *