Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon Akan Tampil pada Perayaan HUT RI Ke-77

Penulis : Editor :
Nasional177 views

 

Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon /Dok. www.lockheedmartin.com/

 

MEDIACREATIVEID.COM – Pesawat Tempur F-16 Fighting Falcon Tampil Bentuk Angka 77 di Udara Sambut Hari Kemerdekaan Indonesia 

Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon akan tampil membentuk angka 77 dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77. 

Pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang akan membentuk angka 77 memerlukan akurasi yang tepat supaya atraksinya berjalan sempurna. 

 Pertunjukan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon membentuk angka 77 sepertinya terlihat mudah padahal hal tersebut butuh latihan serta ketrampilan tertentu agar bisa berjalan lancar. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Indan Gilang B terkait pesawat tempur F-16 Fighting Falcon yang akan bermanuver di udara membentuk angka 77.

Dirangkum oleh Mediacreativeid.com dari berbagai sumber, hari ini, pesawat udara F-16 Fighting Falcon melakukan gladi bersih dalam rangka demo udara Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. 

Pesawat F-16 yang dilibatkan dalam demo udara pada 17 Agustus 2022 sebanyak 18 unit  dari Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi dan Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin.

Baca juga: Prokes bagi Penumpang Kereta Api Kembali Diperketat Mulai Hari Ini, Cek Ketentuannya

Dari 18 unit pesawat F-1 yang disiapkan hanya 16 saja yang akan terbang sedangkan dua lainnya sebagai cadangan. 

Menurut Marsekal Pertama TNI Ibdan, pada saat pesawat F-16 melakukan demo dan melintas di atas langit Istana Negara, Jakarta, waktunya akan ditentukan. 

Pesawat pun akan melintas dengan kecepatan 300 knot dan para penerbang itu harus menghitung dengan detil serta beraksi dengan hati-hati mengingat cuaca Jakarta yang rawan hujan. 

Selain itu, adanya kendala seperti gedung-gedung di Jawa saat ini yang mencapai 1.500 feet mengharuskan para penerbang pesawat F-16 bisa terbang pada ketinggian 1.800-2.000 feet. 

Jadi, semua hal itu perlu dihitung secara cermat agar para penerbang pesawat F-16 Fighting Falcon dapat menampilkan pertunjukan yang menarik. 

Tak hanya itu, faktor keamanan pun harus diperhatikan baik dari segi pesawat, pilot maupun masyarakat yang jadi penonton. 

Selain pesawat tempur, Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77  pada 17 Agustus 2022 akan dimeriahkan oleh demo udara 8 helikopter gabungan dari TNI AU, TNI AD, TNI AL dan Polri. 

Baca juga: Video Seks Aksi Gila Pasutri Beredar di Media Sosial, Ini Faktanya

Pasukan helikopter tersebut akan melakukan terbang formasi membawa Bendera Merah Putih ukuran besar (Giant Flag) melintas tepat di atas Istana Negara.

Kedelapan helikopter tersebut terdiri dari dua helikopter TNI AU (EC-725 Caracal dan NAS-332 Super Puma), dua helikopter AH-64 Apache TNI AD, dua helikopter AS-565 Mbe Panther TNI AL dan dua helikopter AW-169 Polri.

Marsekal Pertama TNI Indan mengatakan penerbang helikopter yang membawa ‘Giant Flag’ membutuhkan keterampilan khusus mengingat berat bendera di udara mencapai 1,3 ton.

Oleh karena itu, para penerbang dari pesawat tempur  F-16 Fighting Falcon maupun helikopter  terus melakukan koordinasi dan latihan agar demo udara besok pada Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 bisa berjalan dengan aman dan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *