BMKG Perkirakan Sejumlah Kota Diguyur Hujan Lebat

Penulis : Editor :
Teknologi84 views
BMKG memperkirakan sejumlah kota diguyur hujan lebat/Ilustrasi/pixelbay.com

MEDIACREATIVEID.COM – RABU, 25 MEI 2022 BMKG memperkirakan kota besar di Indonesia diguyur hujan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada hari Selasa memperkirakan bahwa hari ini Rabu, sejumlah kota besar Indonesia akan diguyur hujan.

BMKG memperkirakan sejumlah wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat disertai petir/kilat dan angin kencang termasuk sebagian besar provinsi di Pulau Jawa.

BMKG memperingatkan potensi hujan lebat akan turun di wilayah Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung dan Banten.

Demikian juga dengan Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta dan Jawa TImur akan diguyur hujan selama dua hingga empat hari ke depan.

Daerah lain yang berpoteni mengalami hujan lebat antara lain Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Maluku dan Papua Barat.

Dirangkum Mediacreativeid.com dari berbagai sumber bahwa situasi ini disebabkan adanya potensi pertumbuhan awan yang menyebar di laut Natuna, Laut Jawa.

Potensi pertumbuhan awan pun terjadi di sebagian wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara dan sebagian wilayah Maluku.

Selain itu terjadi juga gangguan gelombang atmosfer yang terdapat di wilayah Sumatera bagian Selatan, Pulau Jawa bagian barat dan utara, serta  Kalimantan bagian timur.

BMKG juga memperingatkan sejumlah wilayah masuk dalam kategori waspada dampak dari hujan lebat seperti terjadinya banjir.

Kategori waspada hari ini untuk daerah Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara.

Tidak terkecuali wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua harus mewaspadai terjadinya banjir.

BMKG juga menghimbau masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrim pada periode peralihan atau musim pancaroba.

Musim pancaroba saat ini berpotensi menyebabkan cuaca ektrim, pola arah angin bervariasi dan pemanasan intensif mengakibatkan perubahan cuaca yang mendadak.

Pada pagi hingga siang hari cuaca sangat terik, menjelang sore sampai malam tiba-tiba hujan lebat disertai angin kencang  dan petir.

Peringatan disampaikan oleh BMKG kepada wilayah yang diperkirakan akan diguyur hujan lebat agar waspada terhadap cuaca ekstrim serta banjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *