Desta Aulia Juara Pelajar Pelopor Keselamatan (LLAJ) Tingkat Provinsi

Penulis : Editor :
Pendidikan107 views
Desta Aulia Juara Pelajar Pelopor Keselamatan (LLAJ)/Tangkapan Layar/ Dok. Kemenag.go.id/

 

MEDIACREATIVEID.COM – Desta Aulia, siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Ogan Komering Ilir (OKI), berhasil menjadi Juara Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan (LLAJ) Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022.

Prestasi ini mengantarkan Desta Aulia mewakili Sumatera Selatan di Tingkat Nasional, di Jakarta, 12 – 15 September 2022. 

Desta Aulia mempresentasikan inovasinya dalam keselamatan berkendara dengan karya yang berjudul “Gas Shock Protection: Inovasi Switch Pedal Gas Sebagai Upaya Pencegah Kecelakaan Akibat Pengemudi Yang Lalai”.

Karya Desta Aulia dirancang dengan komponen; Switch Mobil, Push Button, Kawat Sling, Retractor, Kabel Grounding, dan Pelindung Kabel.

Baca juga: Wafi Haidi, Siswa MAN IC Serpong Raih 4 Medali Internasional

Rancangan Desta Aulia ini dipaparkan dihadapan dewan juri Kabupaten dan Provinsi, sampai ia berhasil menjadi juara di tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

“Manfaat dan cara kerja produk ini adalah melambatnya kecepatan mobil disebabkan kawat sling yang terhubung dari tuas pedal gas menuju pedal rem,” terang Desta Aulia, seperti dikutip mediacreativeid.com, di Laman kemenag.go.id, Minggu, 11 September 2022.

“Apabila pedal gas diinjak terlalu kencang maka sling yang terhubung akan menegang dan menghasilkan gaya tarik menuju pedal rem,” jelas Desta.

Baca juga: Siswa MAN IC Gorontalo Meraih Medali Emas di Korea Selatan

“Retractor sendiri akan mendeteksi tarikan cepat tadi dan berfungsi mengunci tarikan kawat sling agar tetap menarik tuas pedal gas,” tambah Desta.

Selaku pembimbing, Hendri menyampaikan bahwa inovasi ini telah melalui tahapan yang cukup panjang, sudah  dibuat dalam bentuk prototype, dan video simulasi.

Kepala MAN Insan Cendekia OKI,  Kiagus Faisal mengapresiasi prestasi Desta Aulia dan berharap semoga sukses di tingkat nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *