Kawasan wisata Monas akan Dibuka Kembali, Menparekraf Dukung Sepenuhnya

Penulis : Editor :
Pariwisata124 views
Kawasan Monas dibuka Kembali/Tangkapan Layar/Dok. Kemenparekraf

 

MEDIACREATIVEID.COM – Jakarta memiliki ikon yang sudah sangat terkenal sejak tahun 1975 yaitu kawasan wisata Monas atau Monumen Nasional.

Kawasan wisata Monas menjadi salah satu tujuan favorit dari seluruh masyarakat di penjuru tanah air dan mancanegara yang datang ke Jakarta.

Kawasan wisata Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter yang dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Pada masa pandemi Covid-19, kawasan wisata Monas ditutup untuk mengurangi laju penyebaran virus, terutama di kota Jakarta.

Daya tarik utama Monas adalah melihat pemandangan dari ketinggian dan terdapat bagian puncak yang berbentuk kobaran api serta dilapisi emas.

Ketika sampai di puncak Monas, pengunjung bisa memanfaatkan empat teropong yang telah disediakan dan dapat digunakan secara gratis.

Selain itu terdapat Museum Sejarah Nasional berupa relief  yang terletak di sekeliling Monas.

Museum ini menyimpan diorama lengkap perjalanan Nusantara dari zaman kerajaan, kolonialisasi, perjuangan revolusi hingga masa kemerdekaan.

Daya tarik lain dari Monas adalah adanya  Ruang Kemerdekaan dimana terdapat Teks Naskah Asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dulu diumumkan oleh Proklamator Ir.Soekarno.

Kawasan wisata Monas yang megah ini dikelilingi taman, air mancur, tempat berolah raga, serta area untuk refreshing.

Selain taman-taman yang asri, terdapat juga patung-patung sosok pahlawan yang bersejarah di Indonesia seperti Pangeran Diponegoro, penyair Chairil Anwar, Mohammad Husni Thamrin, Raden Ajeng Kartini, dan patung Ikada yang menjadi lambang keberanian pemuda Indonesia.

Pada malam hari Monumen Nasional terlihat menyala dengan lampu-lampu yang berwarna-warni indah sekali.

Melansir dari website Kemenparekraf, Senin 23 Mei 2022, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno mendukung rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membuka kembali kawasan Monas bagi wisatawan.

Menurut Sandiaga Uno, pembukaan kawasan wisata Monas akan mendukung kebangkitan ekonomi dan membuka kembali lapangan kerja melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan hal tersebut usai acara Halal bihalal Kemenparekraf di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Senin 23 Mei 2022.

“Pembukaan Monas sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI. Dari kami sudah mengajukan sebelum lebaran Monas kembali dibuka,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

“Karena kita punya event-event internasional dan nasional, maka banyak yang tertarik untuk datang ke Jakarta, jadi Monas akan menjadi daya tarik utama.” Menparekraf menambahkan keterangannya.

Menurut Menparekraf banyak kegiatan-kegiatan yang akan menggunakan kawasan wisata Monas sebagai backdrop kegiatannya.

Saat ini Pemerintah DKI Jakarta dan Kemenparekraf siap bahu-membahu memajukan pariwisata Jakarta dengan membuka kembali kawasan Monas.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *