PPDB SMP Sleman 2022/2023 Segera Dibuka, Berikut Penjelasannya!

Penulis : Editor :
Pendidikan104 views
PPDB SMP di Kabupaten Sleman segera dibuka/Tangkapan Layar/Instagram @disdiksleman

 

MEDIACREATIVEID.COM – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Sleman, Yogyakarta akan segera dibuka pada Juni 2022.

Seperti pada tahun sebelumnya, PPDB SMP Sleman membuka 4 jalur masuk, yakni zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua/wali, dan prestasi.

Hanya saja, kuota peserta PPDB SMP Sleman sedikit ada perubahan sesuai dengan Jurnal Teknis (Juknis) Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sleman.

Pada PPDB SMP Sleman tahun ini, jalur zonasi mendapat kuota 50 persen, afirmasi 15 persen (12 persen untuk siswa kurang mampu di Sleman, 3 persen untuk penyandang disabilitas).

Jalur perpindahan tugas orang tua/wali 5 persen sedangkan jalur prestasi sebesar 30 persen dengan rincian paling sedikit kuota 25 persen dari siswa berdomisili di Sleman dan 5 persen dari luar Sleman.

Bagi peserta PPDB SMP jalur prestasi harus menyertakan nilai raport dari semester 1 sampai 5 dan juga Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD).

Pendaftaran ASPD dimulai tanggal 24 Mei-1 Juni 2022 melalui 2022 dan akan dilaksanakan di SMPN 1 Sleman pada tanggal 3 dan 4 Juni 2022.

https://mediacreativeid.com/ppdb-smp-2022-2023-di-semarang-akan-segera-dibuka/

Untuk jalur afirmasi, pendaftar dari keluarga tidak mampu harus menyertakan Nomer Induk Kependudukan (NIK) dari Kartu Keluarga (KK) yang menyatakan berdomisili di Sleman dan Kartu Keluarga Miskin (KKM) yang dikeluarkan Dinas Sosial Kabupaten Sleman.

Sedangkan untuk penyandang disabilitas, berdomisili di Sleman dan memiliki nilai Asesmen sebagai persyaratan mampu mengikuti proses pembelajaran di sekolah formal.

Jalur perpindahan tugas orang tua/wali dibuktikan dengan surat keputusan perpindahan/mutasi dari instansi pemerintah maupun perusahaan berbadan hukum lainnya.

https://mediacreativeid.com/beasiswa-s2-kominfo-ugm-dibuka-simak-persyaratannya/

Zonasi merupakan jalur dengan kuota terbanyak di peruntukan bagi siswa yang berdomisili di Sleman minimal setahun, dan bila kuota jalur lain belum terpenuhi, maka secara otomatis kuota akan berpindah ke jalur zonasi.

Berdasarkan Juknis PPDB SMP Sleman, pendaftar bisa melakukan pendaftaran di sleman.siap-ppdb.com dengan mengisi formulir online dan mencetak bukti pengajuan akun.

Setelahnya mengumpulkan bukti pengajuan akun dan berkas pendaftaran ke salah satu sekolah yang dituju kemudian oleh operator sekolah akan melakukan verifikasi berkas dan aktivasi akun yang berisi username dan password.

Agar lebih jelas mengenai PPDB SMP Sleman, bisa mendownload Juknis di https://s.id/ppdb-smpsleman22, semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *