Wirausaha Merdeka: Wadah Mahasiswa Asah Kemampuan Berwirausaha

Penulis : Editor :
Pendidikan195 views

MEDIACREATIVEID.COM – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) meluncurkan program Wirausaha Merdeka sebagai wadah mahasiswa belajar dan mengasah skill kewirausahaan.

Saat ini program Wirausaha Merdeka berkolaborasi dengan 17 perguruan tinggi pelaksana dan telah diikuti 11 ribu lebih mahasiswa yang lolos dari seluruh Indonesia.

Tidak ada batasan jenjang dalam program Wirausaha Merdeka, mahasiswa mulai dari D3, D4, S1, S2, dan S3 diperbolehkan ikut berpartisipasi guna menggali, dan mengasah kemampuan berwirausaha.

Nantinya selama mengikuti program Wirausaha Merdeka, mahasiswa akan dipertemukan dan dibimbing oleh mentor, praktisi, dan trainer berpengalaman serta akan dipertemukan dengan investor.

Baca juga: Kampus Mengajar Angkatan 5 Telah Dibuka, Yuk Simak Waktunya!

Dilansir Mediacreativeid.com dari kemdikbud.go.id pada Selasa 7 November 2022 bahwa Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi meyakini program ini mampu menyelesaikan masalah lulusan perguruan tinggi yang belum mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kualifikasi.

Lebih lanjut, Sri mengungkapkan bahwa program ini membuka peluang mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan berwirausaha dan juga dapat mengatasi persoalan bangsa di masa depan.

Tidak hanya Sri, acara silaturahmi Merdeka Belajar yang bertajuk “Wujudkan Generasi Inovatif dan Kolaboratif Lewat Wirausaha Merdeka” dihadiri pula Bryan Erfanda Putra, Ida Bagus Agung  Gunarthawa, dan Fuji Lestari Arsyad.

Menurut Bryan, salah satu anggota tim Wirausaha Merdeka, para mahasiswa sangat antusias selama mengikuti program tersebut, bahkan ada pula yang sudah mempunyai usaha dan mendaftarkan merk mereka.

Baca juga: Guru Penggerak sebagai Prioritas di Dunia Pendidikan, Ini Kata Mendikbudristek

Hal senada juga disampaikan Fuji, peserta Wirausaha Merdeka, yang merasakan banyak manfaat dari program ini, diantaranya mahasiswa menjadi memiliki semangat, keberanian, dan kemandirian dalam mengambil keputusan untuk berkreasi dan berinovasi.

Tujuan visioner dari program ini mendapat dukungan dari Ida Bagus Agung selaku mentor, sebagaimana yang disampaikan dalam acara tersebut.

Menurutnya, capaian yang diraih oleh mahasiswa, tentunya ada peran mentor di dalamnya, yang mampu membaca, memahami, dan menerjemahkan karakter para peserta sehingga menghasilkan output dan outcome yang relevan.

Masih ada kesempatan, bagi mahasiswa yang ingin mencoba dan mendalami kewirausahaan untuk mencoba mendaftarkan diri dalam program Wirausaha Merdeka dengan langsung mengunjungi wirausahamerdeka.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *