Pojok Statistik Universitas Brawijaya Raih Penghargaan Terbaik Pertama Se-Indonesia

Penulis : Editor : Dina
Nasional116 views

MEDIACREATIVEID.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) memberikan penghargaan kepada Pojok Statistik Universitas Brawijaya (UB) Malang sebagai yang terbaik pertama di Indonesia.

Penghargaan ini diberikan di Jakarta dalam acara Pojok Statistik Award, pada Senin, 30 Januari 2023.

Pojok Statistik terbaik ke-2 diraih Universitas Sam Ratulangi Provinsi Sulawesi Utara dan ke-3 Universitas Islam Indonesia, Jogyakarta.

Acara Pojok Statistik Award ini diselenggarakan bersamaan dengan Launching Reformasi Birokrasi BPS dan rilis hasil Long Form Sensus Penduduk 2020.

Penghargaan terhadap Layanan Kolaborasi antara BPS dan Perguruan Tinggi terbaik itu diberikan langsung oleh Kepala BPS RI Dr. Margo Yuwono yang diterima oleh Rektor UB Prof. Widodo.

Baca juga: Minyakita Langka, Rakyat Dijanjikan Suplai Lebih Oleh Mendag Zulhas

Layanan kolaborasi antara BPS dan Perguruan Tinggi melalui forum Statistik dan Ikatan Statistik Indonesia sudah terjalin secara bertahap sejak tahun 2019.

Sinergi antara BPS dan Perguruan Tinggi ini tidak hanya mencakup pada penyediaan layanan statistik di PT, namun juga mendukung program kegiatan Merdeka Belajar di Kampus Merdeka.

Dirangkum MediaCreativeid.com dari berbagai sumber bahwa Pojok Statistik merupakan media layanan statistik yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan pemanfaatan statistik di lingkungan mahasiswa dan akademisi.

Selain itu juga sekaligus mendukung kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.Dalam pidatonya, Dr Margo Yuwono menyampaikan bahwa Pojok Statistik merupakan kolaborasi dengan civitas akademika dalam peningkatan literasi dan pemanfaatan data sampai tingkat desa.

“Pojok Statistik didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan literasi statistik dan mendekatkan layanan statistik di perguruan tinggi,” katanya.

Baca juga: Kurangi Emisi Karbon dengan Menanam Pohon dan Memilah Sampah

Pojok Statistik UB menjadi terbaik diantara 82 pojok statistik di Indonesia, berdasarkan penilaian melalui seleksi,monitoring, evaluasi, pemaparan, serta wawancara.

Rektor UB, Prof.Widodo menungkapkan bahwa “Kolaborasi antara BPS Kota Malang dan Universitas Brawijaya semakin terjalin erat dengan adanya Pojok Statistik.”

Pihaknya berterima kasih kepada BPS Kota Malang atas kerjasama Pojok statistik dan program Kelurahan Cantik (cinta statistik).

“Mahasiswa Universitas Brawijaya mendapatkan manfaat dari BPS untuk melakukan PKM Tematik di 57 kelurahan Kota Malang,” lanjutnya.

Menurut Kepala BPS Kota Malang, Erny Fatma Setyoharini, “Variasi program kegiatan yang digagas oleh Pojok statistik Universitas Brawijaya mengantarkan UB meraih peringkat terbaik pertama se-Indonesaia.

“Dengan banyak kegiatan tersebut, Pojok Statistik tidak hanya memberikan manfaat untuk mahasiswa saja, namun juga bagi akademisi, dan juga perguruan tinggi,” tandas Prof. Widodo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *