Pemenuhan Gizi Seimbang Diawali Saat Sarapan, ini 6 Menu Praktisnya

Penulis : Editor : Dina
Kesehatan109 views

MEDIACREATIVEID.COM – Pemenuhan Gizi seimbang untuk mendukung gaya hidup aktif bisa dimulai dari sarapan pagi dengan memperhatikan pedoman Isi Piringku.

Saat pagi hari, tubuh memerlukan energi untuk memenuhi kebutuhan aktivitas harian, perlu diupayakan adanya pemenuhan gizi seimbang.

Sumber makanan yang dibutuhkan untuk pemenuhan gizi seimbang di pagi hari adalah protein, vitamin dan mineral.

Orangtua memiliki peran penting dalam mengelola Pemenuhan gizi seimbang pada anak agar menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Penerapan Isi Piringku merupakan salah satu cara orang tua memastikan kebutuhan gizi makro dan mikro pada anak tercukupi.

Baca juga: Endometriosis Pada Wanita Menopause Bisa Terjadi, Bukan Hanya Diusia Subur Saja

Dirangkum Mediacreativeid.com dari berbagai sumber bahwa Pedoman Isi Piringku merupakan acuan dalam upaya memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

Dalam siaran pers Frisian Flag hari Jumat, 10 Maret 2023 dr Gia Pratama mengatakan bahwa:

“Pedoman Isi Piringku dapat dijadikan acuan dalam mempersiapkan asupan keluarga, serta perlu diingat oleh para ibu, bahwa kebutuhan setiap anggota keluarga tentu berbeda.”

Untuk orang dewasa, pedoman asupan Isi Piringku terdiri dari 50 persen sayur dan buah, 50 persen lainnya karbohidrat dan protein.

Menurut dr Gia, sumber makanan yang dibutuhkan di pagi hari adalah protein, vitamin dan mineral.

Namun menurut pengamatannya justru makanan-makanan tinggi kalori, yang gurih-gurih, asin dan terlalu manis lebih banyak dikonsumsi masyarakat.

Baca juga: PeduliLindungi Ganti Nama Jadi SatuSehat Mobile, Begini Cara Updatenya! 

PT Frisian Flag Indonesia (FFI) berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan melalui inisiatif edukatif bekerjasama dengan 1.500 kader PKK dan komunitas perempuan di Tanggerang.

Andrew F. Saputro, Corporate Affairs Director Frisian Flag Indonesia, untuk membantu menyelesaikan permasalahn gizi dan kesehatan, edukasi dan intervensi terkait gizi seimbang menjadi langkah yang perlu segera diambil.

Demikian juga dengan pembiasaan pola hidup aktif penting tetap disuarakan untuk membangun generasi yang sehat, dimulai dari keluarga.

Menyadari urgensinya kondisi ini, FFI berupaya bersinergid dengan pihak-pihak terkait melalui kegiatan edukasi dengan melibatkan komunitas perempuan, sebagai sosok penggerak penting dalam keluarga.

Baca juga: AstraZeneca Tandatangani Kesepakatan Kerjasama dengan Kementerian Kesehatan

Gizi Makanan Seimbang

Masyarakat Indonesia yang sehat dimulai dari pemenuhan gizi keluarga yang maksimal, yakni menerapkan konsep gizi seimbang.

Penerapan konsep gizi seimbang adalah berkomitmen hidup sehat, menyusun anggaran khusus belanja bahan makanan, merencanakan menu perminggu dengan konsep Isi Piringku.

“Pemenuhan gizi seimbang melalui makanan bernutrisi untuk anak-anak adalah modal untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas yang kelak berkontribusi kepada negara,” kata Mutia A. Sayekti, S.Gz, MHEcon dari Ikatan Ekonom Kesehatan Indonesia.

“Memperbaiki kondisi kesehatan individu adalah investasi masa depan,” lanjut Mutia.

Baca juga: Pisang Goreng Camilan Terenak di Dunia, Apa Kata Ahli Gizi

6 Menu Sarapan Pagi yang sehat dan bergizi

Sarapan pagi tidak hanya mengisi energi, tetapi juga membantu meningkatkan daya konsentrasi dalam bekerja.

Menu sarapan pagi selain enak, juga harus sehat dan bergizi, berikut menu yang praktis membuatnya. dan mengandung cukup protein, vitamin dan mineral.

1. Telur, bisa dibuat orak-arik atau scrambeld egg, ditambahkan sayur seperti irisan wortel, jagung, jamur, atau keju parut. Bisa juga Telur Mata Sapi.

2. Roti, makanan sebagai sumber energi yang mudah dikreasikan, bisa dioles selai, coklat, susu atau keju. Untuk menambah nikmat bisa dibakar menggunakan toaster atau teflon yang sudah diolesi mentega. Bisa juga dibuat Sandwich.

3. Sereal, lebih cocok dikonsumsi anak-anak tetapi tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga mengonsumsinya, cukup dicampur dengan susu cair.

Baca juga: Hari Bersih Indonesia, Serentak Kampanyekan Pilah Sampah

4. Pancake, membuatnya cukup praktis, hanya dengan mencampurkan tepung terigu, telur, susu cair, dan margarin menjadi satu, kemudian masak di teflon yang diolesi margarin agar tidak lengket.

5. Potongan Buah segar menjadi solusi sarapan praktis dan sehat. Buahnya bisa menggunakan apel, alpukat, atau pisang, bisa ditambahkan parutan keju sebgai sumber kalori. Jika ditambah yoghurt, susu kental manis dan perasaan jeruk jadi salad buah.

6. Smoothies, mengandung nutrisi yang lengkap, pembuatan dan penyajiannya mudah. Bisa menggunakan buah pisang dengan stroberi kemudian di blender bersama susu rendah lemak.

Memulai hari dengan sarapan enak, sehat dan bergizi sebagai langkah awal pemenuhan gizi seimbang sesuai dengan kebiasaan keluarga, dan daerah masing-masing.

Untuk kemudahan Pemenuhan Gizi Seimbang keluarga, menu sarapan disesuaikan dengan  ketersediaan bahan makanan pokok yang mengandung  protein, lemak, vitamin serta mineral.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *