Peringati Hari Keluarga Nasional, Inilah Fungsi Keluarga yang Sesungguhnya

Penulis : Editor :
Nasional144 views
Hari Keluarga Nasional Indonesia/Ilustrasi/Dok. Pixabay/

 

MEDIACREATIVEID.COM – Masyarakat Indonesia memperingati Hari Keluarga Nasional  setiap tahunnya yang  jatuh pada hari ini, Rabu 29 Juni 2022.

Dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional tahun 2022 ini mengusung tema ‘Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting’.

Diketahui peringatan Hari Keluarga Nasional telah ditetapkan sejak lama berdasarkan Keputusan Presiden Indonesia nomor 39 Tahun 2014.

Peringatan Hari Keluarga Nasional atau disingkat jadi Harganas dimaknai sebagai ajang sosialisasi dan optimalisasi delapan fungsi keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional.

Memperingati Hari Keluarga Nasional tahun, masyarakat kembali diingatkan mengenai fungsi keluarga yang sesungguhnya.

Dirangkum Mediacreativeid.com dari berbagai sumber bertepatan pada Hari Keluarga Nasional ini setidaknya ada 8 fungsi keluarga.

Baca juga: Komisi E DPRD DKI Jakarta Dorong Jakpro Benahi dan Sempurnakan JIS

Berdasarkan UU 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga, Bab I pasal 1 ayat 6, defenisi dari keluarga harus ditegaskan kembali pada Hari Keluarga Nasional ini, yakni unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami, istri atau ayah ibu dan anak.

Inilah 8 fungsi keluarga yang wajib diketahui semua orang terutama pada pada peringatan Hari Keluarga Nasional 2022:

1. Keluarga sebagai fungsi agama. Maksudnya orangtua merangkap sebagai orang yang bertanggung jawab pendidikan agama terhadap anak-anak guna membentuk kepercayaan diri mereka.

2. Keluarga sebagai fungsi sosial budaya. Maksudnya perkembangan anak dalam keluarga mempunyai peran penting dalam menanamkan pola tingkah laku ketika nantinya bersosialisasi dengan orang lain.

3. Keluarga sebagai fungsi cinta kasih sayang. Maksudnya tumbuh kembang anak sangat berpengaruh dari bagaimana pembentukan kepribadiannya dan keturunannya kelak, disinilah fungsinya keluarga menyalurkan cinta dan kasih sayang.

4. Keluarga sebagai fungsi perlindungan. Maksudnya seluruh anggota keluarga membutuhkan rasa aman, kasih sayang dan simpati.

5. Keluarga sebagai fungsi reproduksi. Maksudnya keluarga merupakan sarana yang sah diakui oleh agama dan negara bagi manusia yang berbeda jenis kelamin untuk meneruskan keturunan sehingga manusia dapat melanjutkan hidupnya pada generasi berikutnya.

Baca juga: Yoon Kye Sang Bicara Kebangkitan Industri Hiburan Global Korea

6. Keluarga sebagai fungsi sosialisasi dan pendidikan. Maksudnya pendidikan yang paling awal didapatkan manusia itu berasal dari rumah, atau dari keluarga, sehingga nantinya terbentuk kepribadian yang terarah saat terjun dalam masyarakat.

7. Keluarga sebagai fungsi  ekonomi. Maksudnya pembagian pemenuhan ekonomi guna kelancaran dalam kehidupan yang membutuhkan biaya. Misalnya, sang ayah bertugas sebagai pencari nafkah utama untuk membiayai seluruh anggota keluarga yakni, istri dan anak-anak.

8. Keluarga sebagai fungsi lingkungan. Maksudnya keluarga merupakan pihak yang paling bertanggung jawab akan semua tingkah laku yang sudah terbentuk di dalam keluarga. Misalnya, bagaimana tingkah laku seorang anak adalah cerminan bagaimana orang tua dan anggota keluarga membentuknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *