Anies Baswedan Terjunkan 865 Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan dan Daging Kurban

Penulis : Editor :
Nasional141 views
Anies Baswedan Terjunkan 865 Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan dan Daging Kurban/Tangkapan Layar/Twitter @aniesbaswedan/

 

MEDIACREATIVEID.COM – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerjunkan 865 petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban pada Jumat, 1 Juli 2022.

Menurut Anies Baswedan, Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak seperti wabah Covid-19, dimana penularannya sangat cepat.

Sehingga Anies Baswedan berkolaborasi dengan berbagai pihak, berupaya mengendalikan dan menanggulangi PMK di Jakarta dengan baik.

Anies Baswedan mengatakan bahwa persiapan kurban harus dijaga bersama mengingat masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam.

Dilansir mediacreativeid.com dari laman instagram resmi @aniesbaswedan pada Senin 4 Juli 2022, petugas yang diterjunkan terdiri atas Petugas Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta, petugas dari Sudan KPKP tiap wilayah serta dari berbagai pihak lainnya.

Selain itu, DKI Jakarta juga menerima bantuan tenaga pemeriksaan dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB 60 orang,  Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Jakarta  84 orang, Petugas Kementrian Pertanian 15 orang, dan Juru Sembelih Halal (Juleha) 60 orang.

Petugas yang diterjunkan bertugas memastikan kesehatan hewan ternak, sehingga hewan yang terjangkit PMK tidak didistribusikan untuk kurban.

DKPKP DKI Jakarta dalam cuitan di twitter @dkpkpjakarta pada 24 Juni 2022, memberikan informasi persyaratan hewan kurban yang masuk DKI mengingat Jakarta sebagai wilayah konsumen.

Ada tiga syarat, antara lain: 1. Alamat penjualan/penampungan berada di lokasi yang ditetapkan bupati/walikota, 2. Melaporkan kepada Sudin KPKP setempat jika ditemukan adanya hewan sakit, dan 3. Melakukan desinfeksi secara rutin, baik kendaraan, peralatan, hewan, limbah maupun orang.

Hingga Senin 4 Juli 2022, hewan kurban yang masuk ke Jakarta sekitar 38.000 ekor dan dipastikan akan bertambah menjadi 43.000 ekor.

Anies juga mengabarkan bahwa saat ini ada sekitar 5.000 ekor hewan kurban yang akan memasuki DKI Jakarta, sehingga langkah-langkah yang ditempuh pemerintah daerah bisa mengedukasi masyarakat dengan baik.

Masyarakat DKI Jakarta, bisa memfollow akun twitter Anies Baswedan @aniesbaswedan, DKPKP DKI Jakarta @dkpkpjakarta, dan Pemprov DKI Jakarta @DKIJakarta untuk mendapatkan informasi terkait hewan kurban

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *