Menkes Himbau Remaja Rutin Minum TTD

Penulis : Editor :
Kesehatan87 views

MEDIACREATIVEID.COM- Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin terjun langsung dalam agenda pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi remaja di Kabupaten Bogor.

Sebagai permulaan, Menkes Budi membagikan TTD pada siswa dan siswi 4 sekolah di Kabupaten Bogor pada Kamis, 21 Juli 2022.

Pemberian TTD tersebut merupakan salah satu implementasi dari transformasi layanan primer yang dicanangkan oleh Menkes Budi.

Menkes menilai, upaya preventif kematian pada ibu melahirkan dengan rutin memberikan TTD sejak usia remaja.

Baca juga: Kemenkes Ungkap Kenaikan Kasus Covid-19 Masih Wajar

Dilansir Mediacreativeid.com dari kemkes.go.id, berikut 4 sekolah yang mendapat TTD hari ini, antara lain SMAN 1 Cibinong dengan penerima  sekitar 630 siswi,  SMP N 1 Cibinong sebanyak 640 siswi, SMAN 2 Cibinong sebanyak 600 siswa, dan SMKN 1 Cibinong sekitar 500 siswa.

Di jenjang SMP, TTD diberikan bagi siswi kelas 7-9, sedangkan jenjang SMA diberikan kepada siswi kelas 10-12.

Dalam kesempatan tersebut, Menkes Budi mengatakan bahwa jumlah kematian ibu melahirkan setiap tahun mencapai 7.800 orang dan yang menjadi penyebabnya karena kekurangan darah akibat kurangnya zat besi.

Baca juga: BPOM Ijinkan Paxlovid Sebagai Obat Darurat Anti Virus COVID-19

Kesehatan remaja menjadi tanggung jawab Kemenkes untuk menyiapkan generasi yang sehat dan cukup zat besi.

Oleh sebab itu, Menkes berpesan agar anak usia remaja dihimbau rutin mengkonsumsi TTD, berolahraga, dan menjaga asupan gizi.

Untuk selanjutnya, TTD akan diberikan kepada seluruh siswi di jenjang SMP dan SMA di Kabupaten Bogor.

Menkes Budi menuturkan pemberian TTD pada siswi di sekolah sekarang ini merupakan salah satu upaya pencegahan sesuai siklus hidup.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *