Jadi Juara Umum ASEAN Para Games 2022, Indonesia Lampaui Target

Penulis : Editor :
Olahraga97 views

MEDIACREATIVEID.COM – Perhelatan olahraga difabel se-Asia Tenggara di Solo telah usai, Indonesia keluar sebagai Juara Umum dalam ajang ASEAN Para Games 2022.

Menjadi juara umum ASEAN Para Games  2022, para atlet Indonesia berhasil meraih 419 medali dengan rincian 171 medali emas, 138 medali perak, dan 110 medali perunggu.

Sejak awal, Indonesia memang menargetkan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022 dan hal tersebut sukses menjadi penyemangat para atlet dalam mengerahkan segala kemampuan mereka.

Namun, yang menakjubkan Indonesia berhasil menyabet gelar juara umum ASEAN Para Games 2022 melampaui dari target awal yang ‘hanya’ 104 medali emas.

Baca juga: 13 Lifter Indonesia Targetkan 6 Emas di Ajang ASEAN Para Games 2022

Dikutip Mediacreativeid.com dari kemenpora.go.id pada Sabtu 6 Agustus 2022, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan prestasi membanggakan yang diraih atlet tanah air di ajang ASEAN Para Games 2022 merupakan hasil dari perumusan kebijakan-kebijakan yang benar dari Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Melalui Menpora, Presiden Jokowi juga menghimbau atlet difabel disetarakan dengan atlet non-difabel agar semakin termotivasi dalam meraih prestasi maksimal dalam setiap multieven yang diikuti.

Presiden Jokowi juga memberi arahan agar dibangun Training Camp untuk para atlet difabel Indonesia di Karanganyar, Kota Solo, Jawa Tengah.

Banyak sekali kisah mengharukan dari para atlet difabel ini, salah satunya Atmaji Priambodo, seorang lifter yang telah berhasil meraih medali emas di kelas 97 kg dengan angkatan terbaik 193 kg.

Sebelum memutuskan menjadi atlet, Atmaji ‘hanya’ seorang pekerja serabutan dan pernah juga bekerja sebagai loper koran.

Karena semangatnya ingin sukses dan membanggakan Indonesia, Atmaji memutuskan dirinya terjun sebagai atlet para-angkat berat Indonesia.

Baca juga: Atlet Indonesia Dulang Emas Di ASEAN Para Game

Di para atletik, atlet Elvin Elhudia peraih medali emas di nomor 800 meter kelas T20, tiba-tiba jatuh dan tidak mampu bangkit lagi saat berjalan ke pintu keluar.

Beruntung ada tim medis yang berjaga, dengan sigap langsung memberikan pertolongan dengan mengkompres kaki dan memasangkan alat bantu pernapasan.

Setelah pulih, Elvin merasa kembali bugar, ia mengaku tenaganya terkuras sebab mengeluarkan segenap kemampuannya dalam berlari.

Sebagai informasi, Indonesia menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022 merupakan ketiga kalinya, sebelumnya pada ajang sama di tahun 2015 dan 2017.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *