Kerjasama Smesco Indonesia dengan BPOM Permudah Izin Bagi UMKM, Yuk Pelajari!

Penulis : Editor :
Ekonomi73 views

MEDIACREATIVEID.COM- Kerjasama Smesco Indonesia dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjadi langkah strategis bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia untuk lebih memperluas jangkauan produknya.

Produk UMKM yang menjadi prioritas dalam kerjasama Smesco Indonesia dengan BPOM, yakni pangan, obat tradisional, dan kosmetik sehingga semakin meningkatkan kapasitas agar menghasilkan produk yang aman dan juga bermutu.

Langkah kerjasama Smesco Indonesia dengan BPOM dilatarbelakangi oleh semakin tingginya kepedulian masyarakat terhadap kesehatan dan keamanan produk yang digunakan dan dikonsumsi.

Acara penandatanganan perjanjian kerjasama Smesco Indonesia dengan BPOM dilaksanakan di Gedung Smesco Jakarta pada Selasa 6 September 2022 lalu.

Baca juga: Pahlawan Digital UMKM telah Dibuka, Jangan Sampai Terlewat!

Dikutip mediacreativeid.com dari smesco.go.id pada Jumat 9 September 2022 bahwa Smesco Indonesia sebagai unit usaha di bawah Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) bersama BPOM bersinergi dalam mendukung penuh UMKM Indonesia.

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan kunci bagi UMKM bisa naik kelas, dari informal menjadi formal melalui proses standarisasi.

Kerjasama antara Smesco Indonesia dengan BPOM tentunya akan semakin memudahkan para pelaku UMKM untuk mempercepat proses Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 75/M-IND/PER/7/2010 tentang Good Manufacturing Practices.

Baca juga: Ekosistem Halal Nasional, BPJPH Gencar Selenggarakan Public Hearing

Untuk itu, pelaku UMKM bisa langsung mengunjungi website cppob.smesco.go.id untuk melakukan audit mandiri dengan mengikuti langkah-langkah yang disediakan atau jika membutuhkan konsultasi lebih lanjut maka pelaku UMKM bisa menghubungi bagian Pusat Layanan UKM Smesco.

Bila hasil audit dinyatakan sudah 100 persen, akan diteruskan ke BPOM untuk dilakukan survei, tetapi jika belum mencapai 100 persen maka Pusat Layanan UKM akan memberikan alternatif solusi dari kendala yang dihadapi.

Selain itu, Smesco sedang membangun cloud kitchen (dapur bersama) sebagai salah satu fasilitas maklon yang disediakan untuk UMKM bidang olahan pangan baik mikro dan kecil yang terstandar sesuai dengan arahan BPOM.

Tentunya sangat dianjurkan bagi UMKM untuk bisa segera melakukan audit mandiri karena kerjasama Smesco Indonesia dengan BPOM semakin memudahkan UMKM untuk berkembang dan berdaya saing kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *