Pasar Malam Sekaten Yogyakarta Kembali Digelar, Pengunjung Membludak

Penulis : Editor :
Pariwisata138 views
Pasar malam Sekaten Yogyakarta/Tangkapan Layar/Instagram @sekaten_jogja/

MEDIACREATIVEID.COM – Pasar malam Sekaten Yogyakarta kembali digelar setelah beberapa tahun terakhir absen akibat pandemi COVID-19. 

Acara tahunan pasar malam Sekaten Yogyakarta ini akan digelar selama sebulan penuh sejak tanggal 16 September hingga 16 Oktober 2022. 

Kegiatan pasar malam Sekaten Yogyakarta diselenggarakan oleh Sekretariat Bersama (Sekber) Keistimewaan DIY, Altar Ria Production dan Pola Prakarya didukung Perkumpulan Pengusaha Pasar Malam (P3M). 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, lokasi pasar malam Sekaten Yogyakarta kali ini tidak lagi di Alun-Alun Utara melainkan di lahan bekas STIE Kerjasama yang berada di Jalan Parangtritis Kilometer 3, Randubelang, Bangunjarjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dirangkum oleh Mediacreativeid.com dari berbagai sumber, alasan ditiadakannya pasar malam  di Alun-Alun Utara karena ingin mengembalikan semangat awal Sekaten.

Baca juga: Keroncong Plesiran VI Kembali Digelar di Ngangeran Gunungkidul

Selain itu, pemindahan lokasi pasar malam ini juga untuk menjaga agar lingkungan Alun-Alun Utara itu tetap bagus, tidak kotor, rusak, dan sebagainya. 

Pada tahun 2022 ini, di pasar malam ada kurang lebih 250 stan kuliner yang berpartisipasi dengan menghadirkan makanan khas Sekaten seperti sego gurih, ndog abang, wajik ketan, dawet, martabak, bolang baling, gudeg mercon, bakmi jawa hingga angkringan.

Tak kalah seru dan menarik para pengunjung, di pasar malam ini juga tersedia puluhan wahana permainan khas seperti tong setan, rumah hantu, ombak banyu, dan trampolin yang turut memeriahkan. 

MesKi sudah berlangsung mulai Jumat, 16 September kemarin, akan tetapi pembukaan besar-besaran pasar malam ala Sekaten ini baru akan dilakukan pada hari ini Ahad, 18 September 2022. 

Pembukaan pasar malam ini akan dilakukan oleh permaisuri Raja Keraton Yogya Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan Bupati Bantul. 

Baca juga: Festival Blangkon 2022: Hidupkan Pariwisata Kota Solo dan Ajang Edukasi Bagi Generasi Muda

Pembukaan akan ditandai dengan tampilnya kirab Bregada Rakyat Paku Wojo dan gunungan Bakpia. 

Selain itu, akan tampil juga Sanggar Seni Pusporinonce membawakan tarian Rarasumirat dan pentas TTK musik project.

Selama sebulan penuh perhelatan pasar malam ini akan dimeriahkan oleh sekitar 150 kelompok seni yang menampilkan kesenian hadroh, shalawatan, ketoprak, karawitan, keroncong, tari klasik, tari kreasi, jathilan, koes plusan, tembang kenangan, stand up komedi, drama dan lainnya.

Harapannya, event ini dapat mengobati kerinduan masyarakat terhadap pasar malam perayaan Sekaten yang sempat berhenti karena pandemi. 

Bagi wisatawan yang punya rencana ke kota gudeg ini, bisa meluangkan waktunya untuk mengunjungi dan turut bersuka ria menikmati aneka kuliner dan permainan di pasar malam Sekaten Yogyakarta. 

 

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *