Profil Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia yang Buat Dunia Pers Berduka

Penulis : Editor :
Nasional168 views

MEDIACREATIVEID.COM – Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra meninggal dunia di rumah sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu, 18 September 2022 pukul 12.30 waktu setempat.

Azyumardi Azra meninggal dunia setelah sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Selangor, Malaysia sejak Jumat, 16 September 2022. 

Berdasarkan informasi  dari pihak rumah sakit, disebutkan bahwa penyebab kematian Azyumardi Azra karena terdapat kelainan pada jantung.

Azyumardi Azra meninggal dunia saat dirinya sedang melakukan kunjungan kerja ke Malaysia untuk menjadi narasumber pada acara Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang diselenggarakan oleah Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) di Selangor, Malaysia pada Sabtu, 17 September 2022. 

Dirangkum oleh Mediacreativeid.com dari berbagai sumber, penyuka sepak bola dan penggemar berat klub sepak bola Inggris Manchester United ini merupakan Ketua Dewan Pers periode 2022-2025 serta cendekiawan muslim dengan karya-karya yang telah tersebar luas di jurnal ilmiah hingga media massa. 

Baca juga: Banyak Drama Salah Subsidi, Pengguna LPG 3 Kg Siap Beralih Ke Kompor Listrik

Azyumardi Azra termasuk sosok yang produktif menulis buku, diantaranya yang terkenal adalah Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII (2004), Renaisans Islam Asia Tenggara (1999), Pergolakan Politik Islam (1996).

Tak hanya itu, Azyumardi Azra juga merupakan guru besar UIN Syarif Hidayatullah dan pernah mendapatkan gelar ‘Commander of the Order of British Empire (CBE)’ dari Ratu Elizabeth II pada tahun 2010 lalu.

Jenazah Azyumardi Azra akan diberangkatkan dari Kuala Lumpur, Malaysia pada pukul 20.45 waktu setempat dan tiba di Tanah Air Senin  malam ini sekitar pukul 21.50 WIB

Menurut rencana, setelah tiba di tanah air, jenazah akan disemayamkan terlebih dahulu di rumah duka di Perumahan Puri Laras II, Cirendeu, Tangerang Selatan. 

Baca juga: Harga BBM Belum Diturunkan, BEM SI Demo Lagi Hari Ini

Baru pada Selasa, 20 September 2022 pagi jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. 

Berdasarkan informasi dari Sekretaris Azyumardi Azra, Vemmy Nur Baimi, rencananya upacara pemakaman jenazah Azyumardi Azra akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. 

Berita Azyumardi Azra meninggal dunia ini tentunya menjadi kabar duka bagi keluarga dan seluruh kalangan yang mengenalnya terutama pers. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *