PKW Tekun Tenun Indonesia 2022 Resmi Dibuka

Penulis : Editor :
Pendidikan141 views

MEDIACREATIVEID.COM – Peresmian pembukaan program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun Indonesia 2022 telah dilangsungkan pada Kamis 20 Oktober 2022.

PKW Tekun Tenun Indonesia 2022 merupakan kolaborasi antara Direktorat Jendral Vokasi (Ditjen Vokasi) Kemdikbudristek dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Diselenggarakannya PKW Tekun Tenun Indonesia 2022 bertujuan mencari bibit-bibit unggul kewirausahaan, khususnya dalam bidang tenun agar tetap hidup sebagai salah satu identitas bangsa Indonesia.

Ada 6 provinsi atau Dekranasda yang terpilih sebagai penerima bantuan dalam program PKW Tekun Tenun Indonesia 2022, diantaranya Provinsi Jambi, Bali, NTT, NTB, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

Baca juga: Sandiaga Uno Lirik Kain Sasirangan Karya Rumah Kreatif dan Pintar

Dilansir Mediacreativeid.com dari www.vokasi.kemdikbud.go.id pada Jumat 21 Oktober 2022 bahwa acara tersebut dibuka secara simbolik dengan penabuhan kompangan yang dipimpin oleh Iriana Joko Widodo bersama pengurus Dekranas dan Kemdikbudristek.

Acara dilanjutkan dengan pengalungan tanda kepesertaan dari perwakilan peserta oleh Hesnidar Al Haris selaku Ibu Gubernur Jambi dan juga Ketua Deskranasda Provinsi Jambi.

Hesnidar dalam sambutannya mengatakan Dekranasda Jambi  bangga bisa menjadi tuan rumah PKW Tekun Tenun Indonesia 2022 dan mendorong lahirnya generasi baru pengrajin tenun, khusunya tenun Jambi.

Acara peresmian yang berlangsung Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, bisa disaksikan secara virtual di 6 Dekranasda penyelenggara yang juga sebagai penerima bantuan dari program PKW tersebut.

Sebagai informasi, program pelatihan menenun telah ada sejak 2020 dengan jumlah peserta 1000 orang dan semakin bertambah menjadi 2.000 peserta pada 2021-2022.

Baca juga: Peserta Latsar Ikuti Tahapan Akhir Blended Learning Kemensos RI

Sebelumnya pada akhir September 2022, salah satu peserta binaan program PKW, Dessy mendemonstrasikan menenun secara langsung kepada para tamu di Hotel Meruorah Komodo, Labuan Bajo.

Ia mengaku bangga menjadi penenun dan hasil karyanya, yakni kain tenun Manggarai Barat yang dipamerkan dalam acara tersebut pun diborong oleh pada tamu yang hadir.

Salah satu tujuan dari program pelatihan tenun bagi generasi muda adalah tidak hanya sebatas melestarikan budaya lokal saja, tetapi bisa meningkatkan perekonomian dengan terus melatih dan memupuk jiwa kewirausahaan.

Sebagaimana yang disampaikan Suharti, Sekretaris Jendral Kemdikbudristek, bahwa para peserta bisa merintis usaha di bidang menenun dengan dibimbing langsung oleh pelaku industri atau UMKM kerajinan tenun.

Acara Peresmian Pembukaan PKW Tekun Tenun 2022, turut dihadiri pula Wury Ma’ruf Amin bersama OASE Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jambi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *