Bahaya Nitrogen Cair pada Pangan Kenali Gejalanya

Penulis : Editor :
Kesehatan68 views

MEDIACRATIVEID.COM – Chiki ngebul adalah jajanan kekinian yang disukai anak-anak, saat dimakan akan mengeluarkan asap yang berasal dari nitrogen cair.

Nitrogen cair ini berada pada suhu yang sangat rendah, tidak berwarna dan tidak berbau, sehingga tidak mengubah rasa jika digunakan untuk makanan.

Sensasi yang ditimbulkan oleh nitrogen cair inilah yang membuat chiki ngebul menarik perhatian dan digemari oleh anak-anak.

Namun dibalik viralnya makanan bersensasi asap nitrogen cair tercatat beberapa kasus kesehatan anak-anak setelah mengkonsumsi chikibul ini.

Pada tahun 2022 terjadi beberapa kasus keracunan pangan akibat mengkonsumsi Ice Smoke, seperti di Ponorogo mengalami luka bakar 1 orang.

Ada juga di Tasikmalaya, 23 orang keracunan pangan, dan di DKI ada anak berusia 4 tahun mengalami keluhan nyeri perut yang hebat setelah mengkonsumsi chiki ngebul.

Baca juga: 5 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak yang Perlu Dihindari

Dirangkum Mediacreativeid.com dari berbagai sumber bahwa penggunaan dan atau penambahan nitrogen cair pada makanan pangan siap saji yang berlebihan dan jangka panjang dapat menyebabkan kesehatan serius.

Kementerian Kesehatan meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya konsumsi jajanan ice smoke atau chiki ngebul yang banyak di jual.

Imbauan tersebut disampaikan dalam Surat Edaran (SE) Nomor KL. 02.02/C/90/2023 tentang Pengawasan Terhadap penggunaan Nitrogen Cair Pada Produk Pangan Siap Saji.

SE tersebut ditandatangai oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit,Maxi Rein Rondonuwu pada 6 Januari 2023.

Menurut Dirjen Maxi, SE dimaksudkan sebagai upaya pemcegahan dan peningkatan kewaspadaan pada penggunaan nitrogen cair pada pangan siap saji untuk mencegah terjadinya keracunan pangan.

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) Si Pembunuh Senyap

Masalah kesehatan serius yang ditimbulkan oleh mengkonsumsi makanan dengan penambahan nitrogen cair dan dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dan jangka panjang antara lain;

– radang dingin, luka bakar atau cold burm pada jaringan kulit.

– tenggorokan terasa seperti terbakar.

– terjadi kerusakan internal organ.

Hal ini terjadi karena suhu yang teramat dingin langsung bersentuhan dengan organ tubuh dalam waktu panjang.

“Nitrogen cair ternyata tidak hanya berbahaya bila dikonsumsi, uap asap nitrogen yang dihirup dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kesulitan bernafas yang cukup parah,” terang Dirjen Maxi.

Untuk meningkatkan kewaspadaan pada kasus keracunan makanan, perlu mengenali beberapa gejala keracunan chiki ngebul.

Baca juga: Indra Bekti Alami Pendarahan Otak, Kenali Penyebab dan Gejalanya.

Menurut Dokter spesialis anak dr. Agus G. W. Wijata, SpA ciri-ciri keracunan chiki ngebul antara lain:

– Mual-mual

– Muntah

– Perut sebah atau begah.

– Perut tiba-tiba terasa nyeri atau sakit.

– Perut membesar.

“Jika ada kasus serupa, merasakan gejala keracunan chiki ngebul atau baru mengonsumsi makanan mengandung nitrogen cair, segera melapor ke fasilitas layanan kesehatan terdekat,” jelas Agus.

Setiap kejadian keracunan oleh nitrogen cair bisa dilaporkan ke SKDR melalui link https://skdr.surveilans.org atau nomor Whatsapp (PHEOC): 0877-7759-1097 atau email poskoklb@yahoo.com.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *