Mata Alami Puffy Eyes? Inilah Cara Redakan Gejalanya

Penulis : Editor :
Kesehatan67 views
Ilustrasi mata/pixabay.com

 

MEDIACREATIVEID.COM – Mata merupakan bagian tubuh yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dan dijaga kesehatannya. 

Mata harus selalu dijaga kesehatannya karena selain berfungsi untuk melihat juga membuat tampilan seseorang makin indah. 

Oleh karena itu, kondisi mata yang sehat dan indah sangatlah didambakan oleh setiap orang.

Namun, Faktor usia dan gaya hidup seseorang bisa berpengaruh terhadap kesehatan mata itu sendiri, seperti munculnya puffy eyes.

Baca juga: BPJS Kesehatan Akan Ubah Sistem Kelas Menjadi Rawat Inap Standar

Puffy eyes merupakan kondisi pembengkakan di sekitar mata dalam waktu tertentu yang disebabkan oleh alergi, infeksi, kebanyakan mengonsumsi alkohol atau pun garam.

Menurut pakar dermatologi Dr Arini Astasari Widodo, SpKK, seseorang mengalami puffy eyes atau bukan bisa diketahui dengan cara melirikkan matanya ke atas. 

Saat melirik ke atas, kalau bagian bawah mata semakin jendol itu adalah fat atau lemak, akan tetapi kalau sama saja tonjolan di bawah matanya maka kemungkinan itu adalah cairan atau puffy eyes

Disebutkan oleh Dr Arini, ada beberapa ciri mata seseorang bisa dikatakan mengalami puffy eyes yakni tonjolan di bawah mata tidak memiliki batas tegas, kadang tampak kebiruan, saat pagi hari pembengkakan terlihat semakin parah sehingga mata tampak sipit atau sembab.

Puffy eyes bisa  terjadi pada wanita yang sedang mengalami periode haid, alergi, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan bercita rasa asin. 

Menurut Arini, cara untuk mengatasi puffy eyes adalah mengompres dingin mata. 

Metode kompres ini diyakini dapat membantu pembuluh darah agar tak melebar.

Baca juga: Regsosek Bantu Validasi Data Masyarakat, Al Haris Sambut Baik

Selain itu, Dr Arini juga menyarankan pemilik puffy eyes untuk membatasi asupan garam dan melakukan perawatan area mata. 

Cara lain untuk mengatasi puffy eyes menurut para pakar kesehatan adalah menempatkan kain dingin atau memegang sekantong sayuran beku yang dibungkus handuk di atas mata. 

Cara ini berguna untuk membantu mengurangi akumulasi cairan yang menyebabkan bengkak pada area mata. 

Mengurangi gula, memperbanyak minum air putih, menghindari minuman beralkohol, dan menggunakan antihistamin untuk mengobati alergi yang dapat menyebabkan bengkak juga merupakan cara mengatasi puffy eyes. 

Produksi air mata tetap berlangsung meskipun kita sedang tidur, yang artinya air mata tetap berada di mata, tanpa dialirkan melalui saluran air mata. 

Hal itu mengakibatkan terdapat kelebihan cairan dan diserap kembali ke jaringan di sekitar mata yang menimbulkan terjadinya pembengkakan di sebut puffy eyes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *