Pisang Goreng Camilan Terenak di Dunia, Apa Kata Ahli Gizi

Penulis : Editor : Dina
Kuliner50 views

MEDIACREATIVEID.COM – Salah satu hidangan Indonesia yaitu pisang goreng terpilih sebagai camilan terenak di dunia versi TasteAtlas.

Pisang goreng sebagai kudapan goreng penutup terbaik di dunia (deep-fried desserts in the word), di posisi pertama dari 50 total kudapan goreng yang berasal dari berbagai negara.

Masyarakat Indonesia, sudah sangat akrab dengan pisang goreng sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari.

Bahkan banyak yang menjadikan seporsi pisang goreng sebagai menu sarapan di pagi hari.

Hidangan bercitarasa manis ini banyak dijual masyarakat Indonesia karena memang banyak peminatnya!

Baca juga: Aneka Resep Bubur Sumsum Enak, Gurih, dan Lembut, Wajib Coba! (Part 2)

Dirangkum Mediacreativeid.com dari berbagai sumber bahwa informasi tentang terpilihnya pisang goreng menjadi kudapan terbaik di dunia pertama kali di unggah oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kretaif, Sandiaga Uno.

“yeay! Pisang goreng dari Indonesia jadi makanan pencuci mulut goreng terbaik di dunia versi testeatlas.com,” tulis Sandiaga Uno di Instagramnya, kamis 16 Februari 2023.

Akun Instagram TasteAtlas Selasa, 14 Februari menulis, “Bukan termasuk pilihan yang paling sehat, tetapi sangat populer di hampir setiap masakan dan budaya.”

Berbicara tentang makanan sehat, satu iris pisang goreng mengandung kalori 68 kkal, tidak terlalu tinggi.

Satu porsi pisang goreng kalorinya sebesar 214 kkal, terhitung besar, apalagi jika disandingkan dengan segelas kopi yang memiliki 2 kal per 180 ml.

Baca juga: Aneka Resep Bubur Sumsum Enak, Gurih, dan Lembut, Wajib Coba!

Dalam sepotong pisang goreng nilai lemaknya 3,58 gram, karbohidrat 9,74 gram dan protein 0,4 gram.

Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memasukkan pisang goreng menjadi menu sarapan.

Ahli gizi RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo, Fitri Hudayani, SST., S.Gz, MKM, RD menyarankan untuk menghitung dan mempertimbangkan jumlah kalori makanan goreng yang dikonsumsi dalam sehari jika ingin tetap mengonsumsi pisang goreng.

Hal ini dimaksudkan agar asupan lemak tidak berlebihan dan masih dalam batas aman, mengingat pisang goreng merupakan hasil olahan yang digoreng dalam minyak yang mengandung lemak jenuh.

Jika ingin mengonsumsi pisang goreng 2 potong sebagai snack pagi, maka harus dikurangi jenis makanan goreng lainnya pada siang dan malam hari.

Baca juga: Seblak: Kenali Sejarah, Resep, dan Varian Isinya

Fitri juga mengingatkan bahwa pisang goreng yang diolah dengan bahan tambahan seperti tepung, berarti ada tambahan energi yang cukup tinggi sehingga konsumsinya tidak boleh berlebihan.

Sisca Soewitomo, legenda kuliner Indonesia mengaku tidak heran kalau pisang goreng berhasil menjadi camilan terenak di dunia versi TasteAtlas 2023.

“Ya memang karena enak. Dari tampilannya saja gorengan pisang itu menggugah selera loh. Cantik Gitu,” kata Sisca.

Sisca bercerita pengalaman sewaktu sekolah di Amerika, bahwa teman-temannya sangat menyukai pisang goreng yang dibuatnya, “jadi banggalah dengan kuliner kita,” ujarnya.

Baca juga: Hidangan Nyale, Makanan Khas Lombok yang  Hanya Bisa Dinikmati Setahun Sekali

Menurut Desi Trisnawati, pemenang Masterchef Indonesia Musim 2, terpilihnya pisang goreng menjadi camilan terenak di dunia membuktikan bahwa makanan enak tidak harus dibuat dengan proses yang rumit.

“Kalau menurut saya sebenarnya sederhana ya. kita lihat di Indonesia ini pisang goreng ada dimana-mana.

Peminatnya banyak sekali, itu menandakan kalau memang enak. Ternyata enak itu nggak perlu prosesnya ribet,” ujar Desi.

“Kita bisa membuat makanan yang enak tapi simpel. Saya senang sekali karena dengan pisang goreng dinobatkan sebegai desert terenak, orang mulai cari resepnya. Semua orang bisa bikin di rumah,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *